- Multimedia
o
Pengertian (Sudatha, 2009) :
Menurut Barker dan Tucker
(1990) multimedia adalah kumpulan dari berbagai media yang digunakan untuk
presentasi. Hackbarth, Philips, Chapman dan Chapman mendefinisikan multimedia
sebagai penyampaian informasi secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup
teks, gambar, suara, video, animasi.
oSejarah
Multimedia (Sudatha, 2009) :
Sebelum tahun 1980,
multimedia digunakan untuk presentasi dalam menyajikan materi pelajaran. Setelah
tahun 1980, multimedia berkembang menjadi hypermedia,
hypertext, digital melalui satu antarmuka (a single
interface) yang menekankan pada menciptakan, menyimpan, menyajikan,
mengakses kembali informasi teks, grafik, suara, video, animasi.
Pada
saat ini, multimedia digunakan dalam penyajian pembelajaran melalui komputer
dengan menggabungkan beberapa media.
o
Manfaat Multimedia
Sudatha (2009)
mengemukakan bahwa dengan multimedia maka pembelajaran akan berlangsung dengan
baik, efektif, dan menyenangkan, karena dapat menarik minat dan perhatian
siswa.
o
Fungsi Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Alat bantu
instruksional,
* Tutorial
interaktif,
* Sumber petunjuk
belajar,
* Pembuatan
proyek.
o
Bentuk Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Chapman dan chapman
mengatogerikan multimedia menjadi :
·Online
delivery
Menggunakan jaringan baik
lokal, organisasi, dan internet untuk menyampaikan informasi.
·Offline
delivery
Menggunakan alat penyimpanan
untuk informasi, contoh : kaset, cd, dvd, dll..
o
Keuntungan Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Mengurangi waktu dan
ruang,
* Menghindari hilang
file,
* Memberi akses dokumen
dalam waktu yang bersamaan,
* Memberi informasi
multidimensi dalam organisasi,
* Mengurangi waktu dan
biaya dalam pembuatan foto,
* Memberikan kecepatan
informasi yang diperlukan melalui visual dan audio.
o
Model-model Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Tutorial
Model yang menyajikan
pembelajaran secara interaktif dengan diajarkan, dijelaskan dan berinteraksi.
Ciri : mencakup informasi pelajaran, memusatkan perhatian, mengandung informasi
terbaru, menyajikan konsep sedikit demi sedikit, pemberian umpan balik,
penggunaan strategi yang berbeda dalam proses pemahaman siswa.
* Drill
and practice
Model yang menekankan
pada penguasaan materi melalui latihan dan parktik. Ciri : ada kesempatan untuk
melatih diri, ada arahan yang jelas, sudah diajarkan sebelumnya, memperkuat dan
memperbaiki kesalahan, jawaban pendek dan cepat, perhatian pada satu
keterampilan, tingkat keluwesan dan ketelitian yang tinggi, melatih kecepatan
dalam memperoleh dan menyimpan data, serta memilih permasalahan dengan
pemecahannya.
* Simulasi
Model yang memudahkan
pemahaman terhadap suatu konsep dan menghilangkan resiko dalam belajar. Ciri :
ada skenario, gambar kualitas tinggi, jawaban rasional, petunjuk jelas, analisis
yang cepat dan kritis, alternatif jawaban.
* Games
Model yang bertujuan
meningkatkan motivasi belajar, memberikan penguatan atas kompetensi yang sudah
dikuasai siswa yang menekankan pada pengembangan, penguatan, dan kreatifitas.
Ciri : ada penjelasan, menarik, ada hubungan sebab akibat, ada ringkasan dan
hiburan.
*
Hybrid
Model yang menggabungkan
beberapa multimedia, menekankan pada pengembangan pembelajaran secara
komprehensif.
Karena banyaknya bidang yang bisa ditekuni di bidang multimedia, daftar ini kemungkinan besar tidak lengkap.
- Desain Grafis dan Ilustrasi
Bidang ini entah mengapa paling marak di Indonesia.
Mengajarkan tentang warna, tipografi, psikologi. Contoh dari tugas tugasnya
adalah membuat komik, karikatur, poster, mewarna pakai cat air.
Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, Freehand, Color Scheme generator.
Karir: Graphic Designer, Illustrator, Manga Artist, Karikatur.
Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, Freehand, Color Scheme generator.
Karir: Graphic Designer, Illustrator, Manga Artist, Karikatur.
- Audio atau Musik
Apakah ini termasuk multimedia? Menurut saya, iya. Banyak
sekolah yang mengajarkan musik sebagai bidang yang berdiri sendiri, tapi banyak
juga sekolah multimedia yang mengajarkan musik sebagai salah satu aspek yang
mensupport bidang bidang lain. Contoh dari tugasnya: Membuat lagu (digital
ataupun analog), membuat background music untuk game, film.
Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, pengamen (serius ini, istilahnya Serious Street Performers, biasanya jualan CD juga), sound effect maker.
Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, pengamen (serius ini, istilahnya Serious Street Performers, biasanya jualan CD juga), sound effect maker.
- Game Design dan Development
Mempelajari berbagai macam type game, scenario, bahasa
pemgrograman game. Untuk penjurusan di bidang game, penulis menganjurkan untuk
mengambil murid spesifik di bidang game tertentu (genre), misalnya : 2d, 3d,
casual game, role playing game, multiplayer game.
Software yang dipakai : Flash, Bahasa C, Maya, 3D Max.
Karir: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester
Software yang dipakai : Flash, Bahasa C, Maya, 3D Max.
Karir: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester
- 3d Designer dan Animator
Contoh dari tugasnya: Mempelajari biologi makhluk hidup, terutama untuk karakter, animation, membuat kota 3D
Software yang dipakai: Maya, 3D Max, Avid, After Effect.
Karir: Di broadcast (TV), animator, 3D logo designer, character designer, animator.
- Film
Contoh dari tugasnya: Membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip
Software yang dipakai: Avid, Adobe After Effect
Karir: Broadcast(TV), Producer, Animator, Kameraman, Editor, Actor.
- Multimedia Management
Saat semua penjurusan lain mengurusi tentang hasil, bidang
ini berkonsentrasi di bidang management. Planning, produksi, finansial dan
komunikasi adalah sedikit contoh tentang apa yang akan dipelajari.
Karir: Event manager, theatre manager, visual art and design, project manager di perusahaan multimedia.
Karir: Event manager, theatre manager, visual art and design, project manager di perusahaan multimedia.
- Interaction Design atau User Experience
Interaction design (sepertinya bahasa Indonesianya bukan
design interaksi, jadi saya akan tetap “ngeyel” untuk memaka istilah interaction
design) mempelajari tentang interaksi antara manusia dan alat
elektronik.
Contoh tugas tugasnya: Membuat konsep tentang interaksi di website, handphone, membuat prototype produk
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Flash, HTML, Director
Karir: Interaction Designer, User Experience, Consultant, Usability Tester
Contoh tugas tugasnya: Membuat konsep tentang interaksi di website, handphone, membuat prototype produk
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Flash, HTML, Director
Karir: Interaction Designer, User Experience, Consultant, Usability Tester
- Human Computer Interaction
Bidang ini mirip dengan interaction design, hanya jauh lebih
technical. Mempelajari tentang teknik baru untuk mengakomodasi manusia dalam
hidupnya.
Contoh tugasnya: Membuat robot, belajar bahasa pemrograman.
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Java IDE (kalau memakai bahasa pemrograman Java), barang2 elektronik seperti solder.
Karir: Penemu, Interaction Designer, User Experience, Consultant, Programmer
Contoh tugasnya: Membuat robot, belajar bahasa pemrograman.
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Java IDE (kalau memakai bahasa pemrograman Java), barang2 elektronik seperti solder.
Karir: Penemu, Interaction Designer, User Experience, Consultant, Programmer
- Web Design and Development
Bidang ini berkonsentrasi dalam membuat website, biasanya
tidak tersedia untuk 4 tahun pelajaran, hanya merupakan salah satu cabang
penjurusan (tahun ketiga dan keempat).
Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website.
Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.
Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website.
Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.
- Fotografi
Bidang ini juga biasanya adalah bidang penjurusan, termasuk
bidang mahal karena harga alat alatnya yang tak terjangkau oleh mahasiswa
mahasiswi yang *biasanya* miskin.
Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer.
Gelar apa yang
akan didapat?Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer.
Gelar multimedia banyak sekali, contoh:
1.Bachelor of Art and Technology (biasanya hanya s1, s2 harus sudah penjurusan)
2.Bachelor/Master of Interactive Multi Media
3.Master of Science in Human Computer Interaction
4.Sarjana Seni
0 komentar:
Posting Komentar